Kesemek Yang Genit

Ketika kamu dikasih pilihan berat sehingga harus melakukan sholat sunat Istikharoh untuk memilih buah mana yang harus kamu beli untuk buah tangan ketika menjenguk kerabat di rumah sakit, apakah apel puji impor seharga Rp. 25.000/kg ataukah kesemek seharga Rp. 2.500/kg ?
Hasil suara yang saya tebak secara Quickcount, maka mayoritas responden lebih memilih apel puji impor dengan harga lebih mahal yang dipilih.

Alasannya kenapa, sayapun tak tahu. apakah karena gengsi ataukah karena mereka berpikir buah yang lebih mahal dan impor memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi. Bila mereka berpikir seperti cara kedua, mereka benar-benar keliru.

Buah bernama latin Diospiros kaki ini sebenarnya memiliki bentuk yang hampir mirip dengan apel, yang membedakannya adalah taburan bedak diseluruh tubuhnya yang berwarna kuning.
Buah yang dalam bahasa Yunani diartikan sebagai food of the God alias makanan para dewa ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, Kandungan vit C dan vit A kesemek jauh lebih tinggi daripada apel. Setiap 100 g kesemek mengandung kalori 78 kkal, protein 0,8 g, lemak 0,5 g, karbohidrat 20 g, kalsium 6 mg, vitamin A 2.710 SI, vitamin C 11 mg dan vitamin B1 0,05 mg.

Kesemek mengandung likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker, phytochemical lutein, betakaroten dan serat. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. Serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengelurakannya sehingga bisa terbebas dari sembelit dan kanker saluran pencernaan.

Masih meremehkan kesemek ?
Mengapa ?
Apa karena buah ini selalu tampil genit dengan taburan bedak diseluruh tubuhnya? gampang tinggal dimandiin aja. Saya kira itu fun-fun aja selama dia gak pake tank top, itu bukan masalah besar.

    • Harry
    • Juli 7th, 2011

    Mksh Boss,
    gw br thu about kesemek.

    • Sari
    • Juli 7th, 2011

    Btul.
    sblm tau, aq pasti pilih apel drpada kesemek

    • tak kenal, maka taaruf.
      coba dulu deh. rasanya memang tak seenak apel, tp gizinya jauh lebih tinggi, apalagi harganya relatif lebih murah. (bisa sbg alternatif sumber gizi bg keluarga kurang beruntung)

    • Nouva
    • Mei 24th, 2012

    Ini sih buah favoritku, meskipun banyak yang bilang rasanya aneh tapi menurutku sangat enak… yummy deh…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: