Batu Gede

Pada sebuah seminar, seorang pakar manajemen waktu memberikan tip dan trik kepada para peserta yang kebanyakan pelaku bisnis. Ia mengambil sebuah galon plastik bening dengan mulut galon yang lebar. Tak berapa lama ia mengumpulkan puluhan batu seukuran kepalan tangan di atas meja. Ia lalu memasukkan batu-batu tersebut satu persatu ke dalam galon. Ketika galon tak lagi bisa memuat batu, ia bertanya, “Apakah galon ini sudah penuh?”
“Sudah!” jawab para peserta seminar serentak.
“Benarkah demikian? mari kita buktikan!”
Kemudian ia mengambil ember penuh kerikil. Lalu memasukkan kerikil-kerikil itu ke dalam wadah seraya menggoyang-goyangkan galon sehingga kerikil melesat mengisi ruang-ruang kosong di antara batu-batu besar di dalamnya. Ketika ia mengajukan pertanyaan yang sama, jawaban yang muncul berbeda, “Mungkin belum.”
Kini ia mengambil sebuah karung plastik berisi pasir. Dituangkanlah pasir itu ke dalam galon. Butir-butir pasir segera menyusup di sela-sela kerikil dan batu besar di dalam wadah. Sekali lagi ia bertanya apakah wadah itu sudah penuh.
“Belum,” jawab peserta.
Kali ini ia mengambil botol besar isi air. Dituangkanlah air tersebut ke dalam wadah sampai penuh.

Apa maksud pertunjukkan ini? Peragaan di atas mengingatkan kita semua, bila tidak menempatkan “batu besar” terlebih dulu, kita tidak bisa menampung semuanya.

Apakah “batu besar” dalam hidup kita? Hanya kita sendiri yang bisa menentukannya, entah itu waktu untuk keluarga, pendidikan, atau menolong orang lain. Jangan lupa, selesaikan dulu “batu-batu besar” itu, selanjutnya baru yang kecil-kecil dan seterusnya. Utuk itu John F. Kennedy pernah mengingatkan, “….Our problems are man made, Therefore they may be sloved by man. A man can be as big as he wants. No problem of human destiny is beyond human being”

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: